NACI Blue Carbon Training: Cadangan Blue Carbon Indonesia Melimpah, Solusi Perubahan Iklim

Dody Zuhdi
0

 






Bogor - Sebagai pemilik 17 % cadangan karbon biru dunia, Indonesia memiliki peluang besar memanfaatkan Ekosistem Karbon Biru (EKB) sebagai salah satu solusi untuk mengatasi perubahan iklim. 


EKB yang meliputi hutan mangrove, padang lamun (seagrass), rawa air asin (salt marshes), memiliki potensi yang besar sebagai penyerap dan penyimpan karbon (carbon sequestration and storage) yang berperan penting dalam upaya mitigasi perubahan iklim. 


EKB juga memegang peran signifikan untuk adaptasi perubahan iklim terutama bagi masyarakat pesisir yang ruang hidup dan penghidupannya berpotensi terdampak oleh climate-related coastal risks, seperti cuaca ekstrem, badai, erosi, banjir dan sebagainya. Berbagai risiko ini bisa mengakibatkan dampak sosial-ekonomi, terancamnya keanekaragaman hayati, dan berkurangnya layanan ekosistem yang berdampak pada kelangsungan hidup manusia dan alam.


PT Natural Capital Indonesia (NACI) sebagai perusahaan konsultan lingkungan hidup dan kehutanan sukses menyelenggarakan *”Training Batch 2 Ecosytem Based Carbon Blue Counting “* pada tanggal 13 November 2023 di CIFOR Bogor (Center for International Forestry Reseach). Peserta training mendapatkan materi tentang prospek, kebijakan, mekanisme carbon trade serta metodologi penghitungan karbon biru.


Menurut Nuralim, S.Hut selaku COBD NACI (Chief of Business Development), peserta Training Batch 2 ini adalah para tenaga pengajar/peneliti dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University.


Dalam pelaksanaan Training Carbon, NACI memiliki 4 Competitive Advantages sebagai berikut : (1) Trainer merupakan praktisi dan peneliti karbon yang memiliki pengalaman internasional lebih dari 20 tahun (Dr Agustin Rustam, Satria Oktorita, S.Hut, M.Si, Dr Fitri Khusu Aini) (2) Jumlah peserta terbatas sehingga peserta bisa diskusi lebih banyak (3) Praktek lapangan penghitungan karbon (4) Peserta dapat joint dalam Grup Bisnis Carbon Trade


NACI akan mengadakan Training Carbon Trade Batch 3 pada akhir bulan November 2023. Bagi yang berminat mendaftar training carbon trade dapat menghubungi admin NACI melalui nomor WhatsApp 08111578487. ( PR)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)